Desa “SIBAT”:Desa rintisan PMI

Awal Tahun & di pertengahan Tahun 2018 ini.Banyak Agenda Dari PMI  yang banyak memberi hal & Kegiatan Positif di desa Kami : mulai rintisan desa Binaan PMI yaitu Desa Siaga Bencana Berbasis Masyarakat yang lebih familiar di sebut “ SIBAT “.Membentuk karakter & Jiwa Relawan  Siaga bencana, memadupadankan sikap siaga terhadap bencana dengan Pengembangan Potensi  Masyarakat.Disamping mempunyai nilai ekonomis bagi Masyarakat itu sendiri dapat  juga antisipasi  Tanah Longsor.sesuai letak geografis Desa Trenggulunan yang berada di ketinggian dan letak Pemukiman  yang rawan sekali longsor.

Dengan Progam yang digagas dari Pengurus PMI Kabupaten Rembang yaitu: tanam serentak Buah NAGA yang menjadi Primadona warga masyarakat kami.Diharapkan dapat meminimalisir longsor kecil di area pemukiman masing -masing rumah warga kami.Multi fungsi “Penjelasan dari :koordinator SIBAT(Sdr. Budi Astomo)”.Nilai Ekonomisnya dapat,Sifat menahan tanah pemukiman juga dapat.Hal ini juga diperkuat dengan Masukan Dari Kasi kesra kami”Moh.Makin”Kebetulan Beliau adalah salah satu petani DRAGON FRUIT”yang terbilang sukses. Sifat akar Tanaman ini  seperti Bronjong Menggerumpal,dan area tanah di sekitar tanaman menjadi keras,selain nilai ekonomis yang didapat warga.

       

Awal Mei kemarin seluruh personil dari Sibat resmi dilantik Oleh Wakil ketua PMI Kabupaten Rembang,rangkaian kegiatan sosialpun banyak didatangi dan disaksikan warga masyarakat.antara lain: Pengobatan gratis,Cek tensi darah,dan donor darah.

( foto..tanam serentak buah naga)

(foto…donor darah anggota sibat)(foto tanam simbolik,oleh wakil ketua PMI Kab.& muspika setempat)

Apresiasi dari pemerintahan desa semoga kegiatan ini dapat berkembang untuk selanjutnya,memberi manfaat besar bagi kemaslahatan warga masyarakat dan perawatan naga buah ini selalu kita lihat perkembangannya..

Terimakasih Kepada:

1).PMI KAB.REMBANG

2).CAMAT PANCUR

3).MUSPIKA KECAMATAN PANCUR

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan